Dimana Anda Bisa Melihat Lumba – Lumba Di Alam Bebas

pantai lovina lumba lumba

Pantai Lovina

Jika anda berniat menikmati liburan yang sedikit berbeda dari pantai Bali pada umumnya seperti Kuta, Legian ataupun Seminyak, mungkin pantai ini bisa menjadi alternatif liburan menarik anda. Seperti Pantai Lovina, karena letaknya yang berlawan dengan daerah Kuta dimana kebanyakan pantai di bali terletak di sebelah selatan, namun pantai ini terletak di sebelah utara pulau Bali.


Maka dari itu tidak heran jika perjalanan yang ditempuh akan lumayan lama jika anda memilih perjalanan ke Bali dengan menggunakan pesawat terbang. Dari bandara Ngurah Rai anda akan menempuh jarak sekitar 120 km, silahkan untuk sewa mobil di bali dan membutuhkan waktu kurang lebih tiga jam untuk sampai ke Lovina dengan menggunakan transportasi darat. Dan tentu saja anda akan melewati medan yang naik turun karena melewati perbukitan.

Tapi jangan khawatir, anda akan disuguhi dengan panorama yang indah selama diperjalanan. Namun ada rute lain, yaitu dari Gilimanuk lalu ke Lovina yang bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 4 jam. Jalur ini relatif lama, namun medan yang ditempuh datar dan sangat nyaman. Pantai Lovina juga terkenal dengan pantainya yang masih alami serta pasir pantainya yang kehitaman dan ombak pantainya yang relatif tenang, sehingga sangat aman bagi anak-anak untuk bermain di pantai.

Sebagai tambahan ada juga beberapa hal menarik yang bisa anda lakukan di Pantai Lovina ini. Contohnya anda bisa melihat atraksi yang ditunjukkan oleh lumba – lumba di laut lepas, namun anda harus rela berangkat sangat pagi dengan menggunakan perahu motor kecil yang hanya muat untuk 4 – 5 orang saja, karena biasanya lumba – lumba akan muncul ke permukaan dan melakukan atraksinya dipagi hari saja sekitar pukul 6.00 – 8.00 Wita.

Selain itu anda juga bisa snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut serta berbagai macam ikan hias. Anda juga bisa memancing dan tentu saja berenang di pantai. Pastikan anda untuk tidak melewatkan wisata di pantai Lovina yang menakjubkan bila anda melakukan tour murah ke Bali. Semalam atau 2 malam sudah cukup bagi anda untuk mendapat pengalaman yang berkesan di pantai Lovina ini. Ada banyak sekali penginapan ataupun hotel dan resort yang ada di sana.

Lebih kekhasannya tempat tersebut merupakan salah satu tempat wisata yang menyajikan atraksi lumba-lumba. Tempat wisata yang berada di Bali Utara ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, bahkan researcher yang dalam hal ini melakukan research terhadap hewan – hewan laut, wisatawan pun tidak hanya nusantara namun wisatawan mancanegara. Anda pun bisa melihat lumba – lumba tersebut secara dekat. Tidak seperti di Pantai Keramas yang menyajikan atraksi lumba – lumba di dalam kolam, berbeda dengan lumba-lumba di pantai Lovina selain bisa menyaksikannya di sebuah kolam kita juga bisa melihat hewan jinak tersebut di alam bebas.

Untuk bisa melihat atraksi lumba-lumba secara dekat di pantai Lovina, Anda harus ke tengah laut sebelum matahari terbit dengan menyewa sebuah perahu nelayan milik warga setempat. Pantai Lovina berada berbatasan dengan Laut Bali sehingga perairan ini lebih tenang. Oleh karena itu, pengunjung bisa pergi ke tengah perairan dengan menggunakan perahu nelayan. Para nelayan di pantai ini dengan senang hati akan mengantar Anda untuk menyusuri laut untuk bisa menyaksikan lumba-lumba menari-nari dan melompat-lompat. Namun anda jangan terlalu berharap untuk dapat melihat lumba-lumba di alam bebas dan tergantung faktor alam. Waktu yang terbaik untuk melihat hewan lumba lumba tersebut pada saat musim kemarau sekitar bulan April – Oktober.

Seperti Halnya Dengan Pantai Umumnya

Di kawasan pantai Lovina ini terdapat tempat untuk melestarikan terumbu karang sehingga pemandangan biota bawah lautnya sungguh menawan hati dengan ikan hiasnya yang hidup dan berkembang biak dengan baik. Anda bisa melakukan kegiatan menyelam untuk melihat keindahan taman laut Pantai Lovina ini secara dekat dengan menyewa alat selam yang tersedia di sekita kawasan pantai Lovina.

Di Pantai Lovina Anda bisa menyaksikan matahari tenggelam sama seperti pantai Kuta, hanya saja pantai Lovina memiliki pasir hitam. Dengan berjalan – jalan disepanjang pesisir pantai sambil menikmati sunset dan pemandangan alam yang indah. Anda juga bisa duduk – duduk di sekitar monumen pantai Lovina. Di mana di atas monumen tersebut terdapat hewan lumba-lumba yang menjadi ikon pantai lovina. Jika ingin merasakan sensasi pantai Lovina,

Anda harus menginap disebuah hotel atau penginapan yang dekat dengan pantai lovina. Dengan itu Anda sudah bisa merasakan sensainya mulai dari melihat atraksi lumba-lumba di alam bebas, menyelam untuk melihat indahnya biota bawah laut pantai lovina, dan melihat sunset pada sore hari. Anda jangan khawatir untuk masalah hotel atau penginapan karena banyak tersedia hotel murah di dekat pantai lovina dari kelas melati hingga hotel mewah dengan harga terjangkau. Tempat wisata Pantai Lovina merupakan objek wisata andalan kabupaten Buleleng. Oleh karena itu, kawasan ini sudah tertata baik.

Bagaimana Cara Yang Tepat Untuk Mengakses Ke Pantai Lovina?

Tempat wisata Pantai Lovina berada di Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali. Dari Kota Singaraja yang merupakan ibu kota Kabupaten Buleleng untuk menuju Pantai Lovina memerlukan waktu sekitar 20 menit atau menempuh jarak 10 kilo meter, dengan menyusuri Jalan Ahmad Yani ke Barat kemudian dilanjutkan ke jalan Singaraja – Seririt. Dari Jalan A Yani, setelah menempuh perjalanan 9 km atau 16 menit Anda akan menemukan arah petunjuk menuju Pantai Lovina. Dengan mengikuti arah tanda tersebut maka Anda akan sampai di Pantai Lovina.

Apa Yang Membedakan Pantai Lovina Dengan Pantai – Pantai Yang Ada Di Bali?

Pada awalnya kemunculan nama Pantai Lovina diawali pada tahun 1953 ketika Anak Agung Panji Tisna membangun sebuah bisnis penginapan yang diberi nama “Lovina” di sekitar pantai. Inspirasi pembangunan bisnis ini ia dapatkan ketika tinggal beberapa minggu di Bombay, India. Yang pada pertamakali, rencana ini diragukan oleh beberapa pengamat bisnis di Bali karena mereka berpikir bahwa pembangunan penginapan di tempat terpencil seperti di Pantai Tukad Cebol masih terlalu dini. Beberapa dari mereka juga mempermasalahkan nama “Lovina” yang merupakan istilah kata dalam bahasa asing, yang bukan merupakan bahasa asli traditional Bali. Namun singkatnya, Pantai Lovina kini menjadi salah satu pantai terkenal di Bali dengan keistimewaan keberadaan lumba – lumba yang hidup di sekitar perairan Pantai Lovina. Sedangkan kata “Lovina” sendiri sejatinya merupakan kependekan dari “Love” dan “Ina”. Kata “Ina” disini bukan mengacu pada Indonesia namun merupakan sebuah kata dalam bahasa Bali yang memiliki arti “ibu”. Menurut Anak Agung Panji Tisna, kata “Lovina” memiliki arti “Cinta Ibu Pertiwi”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KONSULTASI VIA +6282227632525 klik disini
TESTIMONIAL

Korinatour.co.id merupakan bagian dari PT. Korina Prima Sinergi